pelayanan nikah alur rujuk kua danurejan wakaf

Alur Mendaftar Nikah di KUA: Guide Lengkap buat Calon Manten Jogja

Posted on

Hayo, sobat Jogja yang lagi kasmaran, udah siap naik pelaminan? Nah, sebelum resmi jadi suami istri, ada beberapa langkah yang kudu kalian tahu buat daftar nikah di KUA. Jangan sampai ketinggalan info pentingnya, ya!

Nggak usah bingung, mimin bakal kasih panduan lengkapnya. Dari syarat dokumen yang harus disiapkan sampai biaya yang perlu dikeluarkan, semua bakal dibahas tuntas. Simak baik-baik, ya!

Persyaratan Pendaftaran Nikah

Alur pendaftaran nikah di KUA terbaru

Menikah adalah salah satu momen terpenting dalam hidup, dan pendaftaran nikah di KUA merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Berikut adalah persyaratan yang perlu dipenuhi untuk mendaftar nikah di KUA:

Dokumen yang Diperlukan

  • Surat keterangan belum pernah menikah dari kelurahan
  • Fotokopi KTP kedua calon pengantin
  • Fotokopi Kartu Keluarga kedua calon pengantin
  • Surat izin orang tua atau wali jika belum berusia 21 tahun
  • Surat keterangan penghasilan bagi calon pengantin pria
  • Surat keterangan kesehatan dari puskesmas
  • Pas foto ukuran 3×4 berwarna latar merah 2 lembar

Status Calon Pengantin

Persyaratan pendaftaran nikah juga berbeda berdasarkan status calon pengantin:

Status Persyaratan Tambahan
Belum Menikah
Cerai Hidup – Akta cerai
Janda/Duda – Akta kematian suami/istri

Prosedur Pendaftaran Nikah

nikah kua alur pendaftaran

Mendaftarkan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) itu mudah banget, bestie . Yuk, simak langkah-langkahnya:

Syarat dan Dokumen Pendukung

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) kedua calon pengantin
  • Fotokopi Akta Kelahiran kedua calon pengantin
  • Fotokopi Kartu Keluarga kedua calon pengantin
  • Surat keterangan dari orang tua/wali bagi calon pengantin yang belum berusia 21 tahun
  • Surat izin dari Pengadilan Agama bagi calon pengantin yang pernah bercerai
  • Pas foto ukuran 2×3 cm kedua calon pengantin
  • Surat keterangan penghasilan atau surat keterangan kerja dari tempat bekerja kedua calon pengantin
  • Surat izin atasan bagi calon pengantin yang bekerja sebagai PNS/TNI/Polri
  • Surat pernyataan belum pernah menikah dari kedua calon pengantin

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran

  • Isi formulir pendaftaran nikah yang disediakan oleh KUA dengan lengkap dan benar.
  • Pastikan semua data yang diisi sesuai dengan dokumen pendukung yang dilampirkan.
  • Tanda tangani formulir pendaftaran nikah di hadapan petugas KUA.

Proses Verifikasi dan Pemeriksaan Berkas

  • Petugas KUA akan melakukan verifikasi dan pemeriksaan berkas yang dilampirkan.
  • Jika berkas lengkap dan sesuai, petugas KUA akan memberikan bukti pendaftaran nikah.
  • Bukti pendaftaran nikah ini digunakan untuk keperluan selanjutnya, seperti pembuatan akta nikah.

Biaya dan Durasi Pendaftaran

Sobat Jogja, mau nikah di KUA? Siapin dulu duitnya ya. Biaya pendaftaran nikah di KUA gratis tis, alias gak bayar sepeser pun. Enak banget kan? Tapi jangan lupa siapin dokumen-dokumen yang diperlukan, kayak KTP, KK, dan surat keterangan belum nikah.

Durasi Pendaftaran

Setelah ngumpulin dokumen, kamu tinggal dateng ke KUA terdekat. Proses pendaftarannya cepet kok, paling cuma butuh waktu sekitar 15-30 menit. Tergantung banyaknya orang yang lagi ngantre juga sih. Tapi tenang aja, biasanya gak bakal lama-lama banget.

Dokumen Pendukung yang Diperlukan

Alur pendaftaran nikah di KUA terbaru

Nggo daftarin nikah nang KUA, kudu siapin berkas-berkas pendukung. Kayak akta lahir, surat domisili, sampe KTP.

Dokumen yang Diperlukan

  • Akta Kelahiran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Keterangan Domisili
  • Surat Pengantar Nikah dari Kelurahan/Desa
  • Pas Foto Berwarna Ukuran 4×6 (3 lembar)
  • Bukti Pemeriksaan Kesehatan Pranikah
  • Surat Dispensasi Nikah (jika diperlukan)

Tips Sukses Mendaftar Nikah di KUA

Yo, kawan-kawan yang lagi kepengen naik pelaminan, sini merapat! Biar acara sakralmu lancar jaya, kuy simak tips kece buat daftar nikah di KUA.

Dokumen Lengkap, Nikah Lancar

Sebelum ke KUA, pastikan berkas-berkas ini udah lengkap ya:

  • KTP calon pengantin dan wali nikah
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran calon pengantin
  • Surat keterangan belum pernah menikah (buat yang belum pernah nikah sebelumnya)
  • Surat izin orang tua (buat yang masih di bawah umur)
  • Surat keterangan kematian suami/istri (buat yang pernah menikah sebelumnya dan pasangannya sudah meninggal)
  • Surat keterangan cerai (buat yang pernah menikah sebelumnya dan sudah cerai)
  • Surat kuasa (buat yang diwakilkan)

Datang Tepat Waktu, Jangan Molor

Jangan ngulur-ngulur waktu ya, kawan. Datanglah ke KUA tepat waktu sesuai janji. Soalnya, kalau telat, bisa aja jadwalmu diundur atau bahkan dibatalkan. Jadi, berangkatlah lebih awal biar bisa sampai KUA dengan santai.

Sikap Kooperatif, Petugas Senang

Petugas KUA itu bukan musuhmu, mereka cuma mau membantu. Jadi, bersikaplah sopan dan kooperatif. Jawab pertanyaan dengan jelas dan lengkapi semua dokumen yang diminta. Kalau ada yang kurang, petugas pasti akan memberitahu dengan baik-baik.

Ringkasan Terakhir

pelayanan nikah alur rujuk kua danurejan wakaf

Nah, itu dia alur mendaftar nikah di KUA yang perlu kalian pahami. Semoga bermanfaat buat kalian yang lagi mempersiapkan pernikahan. Ingat, persiapkan dokumennya dengan baik, datang tepat waktu, dan jangan lupa senyum manis buat petugas KUA-nya. Selamat berbahagia buat calon manten Jogja!

ayu
Suka travelling Di luar kerja, ayu memilih menghabiskan waktu produktifnya dengan menulis buku. dan membuat conten di media sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *