Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Kamu Persiapkan Supaya Bisa Hemat

Biaya Pernikahan – Hari pernikahan merupakan salah satu hari paling penting di kehidupan kita. Mengingat itu merupakan hari bersejarah, persiapan pernikahan juga wajib ditunaikan jauh – jauh hari.

Namun sayangnya banyak orang yang benar-benar lama di dalam buat persiapan pernikahan. Biaya pernikahan yang besar merupakan salah satu alasannya. Untuk pesta pernikahan meriah sebenarnya diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Namun sebenarnya kamu bisa menyebabkan pesta pernikahan simpel bersama budget yang tidak benar-benar mahal! Yuk lihat rincian biaya pernikahan simpel di bawah ini untuk buat persiapan acaramu.

Nikah Mahal, Kata Siapa! Ini Rincian Biaya Pernikahan Sederhana yang Harus Kamu Tahu!


Pengeluaran Biaya Pernikahan

Hal pertama yang mesti dijalankan dalam mempersiapkan biaya pernikahan, yaitu menyesuaikan rancangan pernikahan Anda bersama dengan anggaran yang dimiliki. Jangan menyelenggarakan acara yang lebih besar dari pada kekuatan finansial Anda dan pasangan.

Biaya KUA

Biaya Pernikahan

Selain calon pasangan, perihal yang pertama yang wajib kamu laksanakan jikalau dambakan menikah adalah pergi ke KUA! Pastikan bahwa pernikahanmu dicatat di KUA ya, perihal selanjutnya untuk menjauhi perihal – perihal yang tidak diinginkan. Jika pernikahanmu telah tercatat di KUA maka hak mu telah dilindungi oleh hukum di Indonesia.

Biaya untuk pernikahan di KUA sendiri gratis. Namun, jikalau kamu berharap penghulu untuk berkunjung ke rumah, maka kamu wajib membayar Rp.600.000. Tanpa kurangi kesakralan, sebenarnya kamu bisa segera laksanakan pencatatan di KUA. Lumayan kan menghemat Rp.600.000.

Selain membayar untuk menimbulkan penghulu, bagi pihak wanita terdapat tambahan dana lagi Rp. 100.000. Tambahan ini bertujuan untuk biaya pengecekan kesehatan sebagai salah satu syarat berkas KUA. Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk memahami apakah calon mempelai sehat dan tidak mempunyai penyakit menular.

Selain biaya itu, tidak ada biaya tambahan lain kok. Biasanya KUA cuma berharap bibit pohon sebagai salah satu syarat untuk dihimpun di KAU di tempat domisili mempelai wanita.

Biaya Gedung

Biaya Pernikahan

Nah di dalam menentukan gedung pastikan kamu telah survey kesana kemari ya. Jangan malas untuk laksanakan survey agar kamu bisa beroleh harga terbaik. Perhatikan juga kapasitas gedung dan jumlah tamu yang kamu undang. Jangan sampai gedung benar-benar kecil untuk menampung tamu undangan mu.

Biaya gedung untuk di Kota Jogja, sekitar Rp. 2 juta sampai Rp. 5 juta bergantung kapasitas yang ditampung. Jika kamu menyebar 500 undangan, maka kira – kira tamu undangan yang berkunjung adalah 1000 orang.

Jika tamu yang berkunjung sekitar 1000 orang pasti saja diperlukan gedung yang lumayan besar, bisa saja sekitar Rp.5 jutaan. Jika undangan yang disebar 200 atau 300 undangan, kamu bisa pakai halaman rumahmu untuk dijadikan tempat resepsi. Lumayan akan menghemat gara-gara tidak ada biaya sewa gedung.

Oiya, gara-gara tingginya angka pernikahan, maka kamu wajib siap untuk booking gedung sekurang-kurangnya 4 bulan sebelumnya. Jika tidak, kamu wajib siap menerima kenyataan bahwa gedung telah di booking orang lain.

Tautan: Jual Souvenir Pernikahan

Biaya Catering

Biaya Pernikahan

Ini adalah keperluan yang menjadikan biaya pernikahan benar-benar besar. Catering merupakan salah satu yang wajib di dalam pernikahan. Banyak orang menilai acara pernikahanmu berasal dari catering yang disajikan. Tamu undangan kadang suka mengeluh gara-gara kehabisan makanan.

Oleh gara-gara itu pastikan bahwa makanan catering yang kamu pesan lumayan ya! Untuk beroleh jumlah yang lumayan pasti saja budget yang disiapkan lebih besar. Untuk catering simpel tapi selamanya mencukupi, kamu bisa buat persiapan dana Rp.30 jutaan.

Minimal kamu wajib mempunyai Rp.30 juta atau Rp.35 juta untuk menyambut 1000 orang tamu. Jika kamu melangsungkan akad bersama menimbulkan tamu, maka kamu tidak boleh lupa buat persiapan duwit untuk mengkonsumsi akad. Kamu bisa buat persiapan Rp.2, 5 juta untuk 100 orang yang datang.

Biaya Rias Pengantin

Biaya Pernikahan

Biaya rias pengantin juga wajib dimasukkan di dalam budget pernikahanmu. Kamu bisa mencari referensi harga di Instagram atau menanyakan ke teman. Sebenarnya kamu bisa pakai temanmu yang jago merias loh untuk menghemat.

Untuk bajunya sendiri, lebih baik kamu menyewa dibandingkan bersama beli. Jika kamu membeli baju, kamu bisa menghabiskan biaya tambahan sampai berjuta – juta. Selain mahal, bisa saja pakaian pengantinmu untuk dipakai lagi juga benar-benar kecil. Jika menyewa pakaian and rias, diperkirakan menghabiskan Rp.5 juta.

Tips yang wajib diingat adalah kesesuaian antara pakaian riasan bersama dekorasi total berasal dari acara pernikahan. Jangan sampai antara riasan dan pakaian pengantin tidak sesuai bersama dekorasi yang ada. Jika dekorasi pakai adat, maka sebaiknya riasan dan pakaian pengantin juga pakai nuansa adat.

Biaya Cetak Undangan dan Beli Souvenir

Biaya Pernikahan

Saat ini kamu bisa menghemat pengeluaran di percetakan undangan gara-gara kamu bisa menyebarkan undangan melalui fasilitas sosial. Mungkin undangan yang wajib dicetak hanya undangan untuk kolega berasal dari orang tua atau atasan kita.

Dari 500 yang dambakan diundang, kamu cuma wajib mencetak 250 undangan saja. Jika satu undangan biaya nya 10.000, kamu cuma wajib mengeluarkan Rp. 2,5 juta. Harga sebesar itu sebenarnya tetap bisa ditekan sampai Rp.5000 perundangan.

Untuk souvenir pernikahan, kamu bisa mencarinya di toko grosiran. Lebih baik kamu memberi tambahan souvenir yang bisa dimanfaatkan dibandingkan cuma bersifat pajangan. Kamu bisa menentukan tatakan gelas untuk dijadikan souvenir.

Perkiraan harga satuan berasal dari tatakan gelas adalah Rp. 4000,maka kamu cuma wajib mengeluarkan Rp. 2 juta. Hal yang tak boleh terlupa, kualitas dokumentasi haruslah juara! Kepada merekalah, kamu serahkan kenangan pernikahanmu yang cuma sekali saja

Biaya Fotografer

Biaya Pernikahan

Tentunya kami tidak dambakan melepaskan satu moment pun di hari bersejarah ini. Maka berasal dari itu kamu memerlukan fotografer dan videographer proporsional yang bisa mengabadikan moment berharga. Untuk harga normal, fotografer mematok harga sekitar Rp.5 sampai Rp.8 juta per harinya.

Nah itulah rincian biaya pernikahan simpel yang bisa kamu terapkan. Untuk menaikkan modal menikah kamu bisa coba menjual barang – barang mu yang dirasa telah tidak kamu pakai di Prelo.co.id loh. Keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari Prelo.co.id bisa kamu sisihkan untuk biaya pernikahanmu.


Rincian Biaya Pernikahan

Biaya Pernikahan

Dibawah ini adalah salah satu contoh anggaran dana untuk menyelenggarakan pesta pernikahan sederhana :

Pengeluaran

Rincian

Biaya

Sewa Aula Pertemuan/Masjid Termasuk jasa kebersihan dan keamanan

Rp.        2.000.000,-

Sewa Jasa Tenda Tenda, kursi, dekorasi pelaminan, rias dan baju pengantin, peralatan catering

Rp.      13.000.000,-

Sewa Jasa Fotografi Foto dan video liputan 10 jam

Rp.        2.000.000,-

Katering Membeli bahan dan memasak sendiri dengan menggunakan jasa ahli memasak

Rp.     20.000.000,-

Kartu Undangan Soft cover dengan 1 warna 400 x 1500

Rp.           600.000,-

Souvenir Beli di Jatinegara 400 x 1500

Rp.           600.000,-

TOTAL

Rp. 38.200.000,-

* Jumlah tamu : 800 orang (400 undangan)

Selamat mempersiapkan pernikahan bagi Anda yang akan menikah, bijaklah dalam mengeluarkan biaya pengeluaran dan selanjutnya persiapkan diri Anda dan pasangan untuk menjalani kehidupan rumah tangga setelah menikah, tentunya banyak hal yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

Berbagai macam cara untuk menghemat biaya pernikahan bisa ditempuh dalam beragam macam cara. Poin-poin di atas merupakan beberapa alternatif yang bisa Anda tempuh untuk menghemat pengeluaran.

Yang tahu dan yang terpenting Anda perlu bisa memprediksi, memproyeksi, dan mengkalkulasi rancangan pesta pernikahan secara teliti dan teliti. Jangan lupa untuk memasukkan kemungkinan dari perihal tak terduga.

×
Selamat Datang Di SouvenirNikah.com ada yang bisa di bantu kak 😍, ada banyak promo khusus pemesanan minggu ini lho 🎉🎉