Prosedur menikah di KUA terbaru

Nikah di KUA, Gampang Lur!

Posted on

Yo, lur! Mau nikah tapi pengen yang simpel dan nggak ribet? Nikah di KUA aja! Prosesnya cepet, murah, dan sah secara hukum. Simak dulu yuk gimana prosedurnya.

Sebelum nikah, siap-siapin dulu dokumennya, ya. Fotokopi KTP, akta kelahiran, surat keterangan belum nikah, sama surat keterangan sehat dari dokter. Usia minimal 19 tahun dan belum pernah nikah sebelumnya. Gampang, kan?

Persyaratan Menikah di KUA

Prosedur menikah di KUA terbaru

Menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) memerlukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pengantin. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Persyaratan Dokumen

Calon pengantin wajib menyerahkan dokumen-dokumen berikut untuk menikah di KUA:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa tempat tinggal
  • Surat Izin Orang Tua bagi yang belum berusia 21 tahun
  • Surat Izin dari Pengadilan jika salah satu calon pengantin pernah menikah dan pasangannya telah meninggal dunia atau bercerai
  • Surat Dispensasi dari Pengadilan jika salah satu calon pengantin belum berusia 19 tahun

Persyaratan Usia dan Status Perkawinan

Calon pengantin harus memenuhi persyaratan usia dan status perkawinan sebagai berikut:

  • Usia minimal untuk menikah adalah 19 tahun bagi laki- laki dan 16 tahun bagi wanita.
  • Calon pengantin tidak sedang dalam ikatan perkawinan dengan orang lain.

Prosedur Pendaftaran Pernikahan

Arep nikah? Ojo lali ngurus pendaftaran nikah di KUA. KUA bakal ngurusin berkas-berkas penting kalian biar pernikahan kalian sah secara hukum. Yuk, simak prosedur pendaftarannya.

Langkah-langkah Pendaftaran Pernikahan

  1. Ngambil Formulir: Datangi KUA setempat buat ngambil formulir pendaftaran nikah.
  2. Isi Formulir: Isi formulir dengan lengkap dan bener. Pastikan data yang kalian masukin sesuai sama dokumen yang bakal dilampirkan.
  3. Nyiapin Dokumen: Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, KK, akta lahir, dan surat keterangan belum nikah.
  4. Nyerahin Dokumen: Serahin formulir dan dokumen lengkap ke KUA.
  5. Verifikasi Data: Petugas KUA bakal verifikasi data kalian. Kalau ada yang kurang lengkap, kalian bakal dimintain buat melengkapinya.
  6. Terbit Nomor Registrasi: Setelah data lengkap dan bener, kalian bakal dikasih nomor registrasi.
  7. Nunggu Konfirmasi: Tunggu konfirmasi dari KUA soal jadwal akad nikah kalian.

Tips Isi Formulir Pendaftaran Pernikahan

  • Tulis dengan jelas dan lengkap.
  • Isi data sesuai sama dokumen yang dilampirkan.
  • Kalau ada yang kurang jelas, tanya sama petugas KUA.
  • Pastiin semua data yang kalian masukin bener dan akurat.

Biaya dan Jadwal Pernikahan

kua nikah kamu mau prosedurnya begini tata jadiberita

Buat manten-manten Jogja yang lagi pingin halal, jangan lupa siapin biaya dan cek jadwal pernikahan di KUA. Biar nggak bingung, simak infonya di sini.

Biaya Pernikahan

  • Pendaftaran: Gratis
  • Pemeriksaan Kesehatan: Rp 0-Rp 50.000 (tergantung puskesmas)
  • Akad Nikah: Rp 60.000

Jadwal Pernikahan

Jadwal nikah di KUA Jogja biasanya Senin-Jumat, kecuali hari libur. Jam pelaksanaannya:

  • Senin-Kamis: 08.00-16.00 WIB
  • Jumat: 08.00-11.30 WIB

Upacara Akad Nikah

Prosedur menikah di KUA

Prosesi akad nikah di KUA adalah momen sakral yang menjadi tanda resmi ikatan pernikahan. Prosesi ini meliputi beberapa tahapan penting, mulai dari pengucapan ijab kabul hingga penandatanganan akta nikah.

Pengucapan Ijab Kabul

Tahap paling krusial dalam akad nikah adalah pengucapan ijab kabul. Calon suami sebagai pihak yang menikahkan akan mengucapkan ijab kepada wali dari calon istri. Berikut contoh teks ijab kabul yang dapat digunakan:

“Saya nikahkan dan saya kawinkan engkau dengan putri saya (nama calon istri), dengan maskawin seperangkat alat salat dan emas seberat 24 karat dibayar tunai.”

Penandatanganan Akta Nikah

Setelah ijab kabul diucapkan dan diterima, pasangan pengantin beserta wali akan menandatangani akta nikah. Akta nikah ini merupakan dokumen resmi yang menjadi bukti sahnya pernikahan.

Dokumen yang Diterima Setelah Menikah

nikah alur kua prosedur pelayanan luar bukit kemuning menikah sukadiri

Setelah melangsungkan pernikahan di KUA, pasangan pengantin bakal menerima sejumlah dokumen penting. Dokumen-dokumen ini menjadi bukti resmi pernikahan dan punya peran penting dalam kehidupan berumah tangga.

Akta Nikah

Akta nikah adalah dokumen resmi yang mencatat pernikahan kalian. Dokumen ini diterbitkan oleh KUA dan memuat informasi penting seperti nama kedua mempelai, tanggal pernikahan, dan nama wali nikah.

Buku Nikah

Buku nikah adalah dokumen tambahan yang berisi salinan akta nikah dan informasi tambahan seperti foto kedua mempelai. Buku nikah bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengurus administrasi kependudukan atau mengajukan pinjaman.

Penutupan

Prosedur menikah di KUA terbaru

Setelah akad nikah, kalian bakal dapet akta nikah sama buku nikah. Akta nikah ini penting banget, soalnya jadi bukti sah pernikahan kalian. Nah, buku nikah bisa dipake buat ngurusin dokumen-dokumen penting lainnya, kayak bikin paspor atau SKCK. Jadi, tunggu apalagi? Langsung aja daftar nikah di KUA, lur!

ayu
Suka travelling Di luar kerja, ayu memilih menghabiskan waktu produktifnya dengan menulis buku. dan membuat conten di media sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *