seserahan pernikahan

Seserahan Pernikahan Simbol Makna Dalam Tradisi Perkawinan

Posted on

Pernikahan adalah momen yang penuh makna dalam kehidupan setiap individu. Dalam budaya Indonesia, pernikahan bukan hanya mengenai ikatan dua jiwa, tetapi juga tentang penggabungan dua keluarga dan simbol-simbol tradisional yang mendalam. Salah satu aspek yang memiliki makna khusus dalam pernikahan Indonesia adalah seserahan. Isi seserahan pernikahan yang pertama adalah perlengkapan ibadah. Barang-barang ini diberikan sebagai seserahan sebagai bekal untuk sang wanita

Apa Itu Seserahan?

Seserahan adalah pemberian berbagai macam barang oleh pihak keluarga pengantin kepada pihak keluarga calon pasangan. Seserahan biasanya disiapkan dan diberikan oleh keluarga dari pihak pengantin pria kepada keluarga pihak pengantin wanita, atau sebaliknya, tergantung pada budaya dan adat istiadat setempat.

Simbolisme di Balik Seserahan
Seserahan tidak sekadar berupa kumpulan barang, tetapi juga memiliki makna mendalam dalam pernikahan. Setiap barang yang disertakan dalam seserahan memiliki simbolisme tertentu yang mencerminkan harapan, niat baik, dan harapan kebahagiaan bagi pasangan yang akan menikah.

Simbolisme Beberapa Barang Seserahan

 1. Sirih, Pinang, dan Gambir
Tiga barang ini melambangkan kesucian dan keharmonisan pernikahan. Sirih, pinang, dan gambir adalah bahan-bahan yang umum digunakan dalam upacara adat, dan kehadirannya dalam seserahan melambangkan niat baik untuk membina keluarga yang harmonis dan bersatu.

2. Buah-buahan
Buah-buahan dalam seserahan melambangkan kesuburan, kelimpahan, dan keberuntungan. Mereka mencerminkan harapan agar pasangan bisa memiliki keturunan yang sehat dan bahagia, serta kehidupan yang penuh berkah.

 3. Perhiasan
Perhiasan, seperti kalung atau gelang, melambangkan kemewahan, keindahan, dan keabadian. Pemberian perhiasan dalam seserahan adalah simbol dari keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi pasangan dan memuliakan mereka.

 4. Pakaian dan Kain
Pemberian pakaian atau kain dalam seserahan bisa mewakili kerja sama dan persatuan antara dua keluarga. Selain itu, pakaian dan kain tradisional juga mencerminkan kekayaan budaya dan warisan leluhur yang akan dilanjutkan oleh pasangan yang menikah.

Menjaga Kearifan Lokal

Dalam era modern ini, tradisi Seserahan Pernikahan tetap dijaga dan dijunjung tinggi dalam pernikahan Indonesia. Meskipun gaya hidup telah berubah, masyarakat masih melestarikan nilai-nilai budaya dan makna di balik seserahan.

Seserahan adalah bagian tak terpisahkan dari pernikahan Indonesia yang mengandung makna mendalam dan simbolisme yang kaya. Setiap barang dalam seserahan mengandung harapan, niat baik, dan doa bagi kebahagiaan dan keberhasilan pernikahan. Dengan tetap menjaga dan menghormati tradisi ini, kita berkontribusi pada kekayaan budaya dan warisan nenek moyang kita.

ayu
Suka travelling Di luar kerja, ayu memilih menghabiskan waktu produktifnya dengan menulis buku. dan membuat conten di media sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *