wayang souvenir nikah murah
souvenir nikah murah

Souvenir pernikahan di Jogja

Posted on

Pilihan souvenir pernikahan di Jogja sangat beragam, mulai dari kerajinan tangan tradisional, makanan khas, hingga produk-produk modern dengan sentuhan lokal. Berikut beberapa ide souvenir pernikahan yang dapat Anda pertimbangkan di Jogja:

  1. Batik: Pilihlah batik Jogja sebagai souvenir, entah dalam bentuk kain, pakaian, atau aksesori. Batik adalah warisan budaya Indonesia yang kaya akan motif dan makna.
  2. Kerajinan Tangan: Jogja dikenal dengan berbagai kerajinan tangan seperti ukiran kayu, gerabah, dan anyaman bambu. Anda dapat memilih miniatur atau aksesori dari kerajinan tersebut sebagai souvenir.
  3. Gantungan Kunci Wayang: Wayang kulit adalah seni tradisional yang sangat identik dengan Jawa. Gantungan kunci dengan motif wayang bisa menjadi pilihan yang unik.
  4. Kopi dan Teh Khas: Jika pasangan Anda menyukai minuman, pertimbangkan untuk memberikan kopi atau teh khas Jogja sebagai souvenir. Kopi Jogja terkenal dengan kualitasnya.
  5. Gula Aren: Gula aren adalah produk alami dari pohon aren dan banyak digunakan dalam masakan tradisional. Anda bisa memberikan gula aren dalam kemasan yang menarik.
  6. Makanan Ringan Khas: Ada banyak makanan ringan khas Jogja yang bisa dijadikan souvenir, seperti bakpia, yang merupakan kue isi kacang yang populer.
  7. Buku atau Puisi Lokal: Jika Anda ingin memberikan sesuatu yang bernuansa budaya dan seni, buku atau buku puisi karya penulis lokal bisa menjadi pilihan.
  8. Aksesoris Perak atau Perhiasan: Jogja juga memiliki banyak pengrajin perak yang membuat aksesoris unik dan indah.
  9. Buku Harian atau Agenda dengan Batik Cover: Ini bisa menjadi pilihan yang elegan dan bermakna. Buku harian dengan cover batik Jogja memberikan sentuhan lokal pada hadiah Anda.
  10. Tanaman Hias: Jika pasangan Anda suka tanaman, pertimbangkan memberikan tanaman hias khas daerah tersebut, seperti tanaman yang berasal dari Taman Sari.
  11. Oleh-Oleh Khas Jogja: Pilihlah oleh-oleh khas Jogja seperti batik, gantungan kunci, kalung, atau bros dengan motif batik. Anda bisa mencari penjual oleh-oleh di Malioboro, Pasar Beringharjo, atau Alun-Alun Kidul.
  12. Kerajinan Tangan: Jogja terkenal dengan kerajinan tangan seperti keramik, ukiran kayu, dan anyaman bambu. Anda bisa mencari penjual kerajinan tangan di daerah Bantul yang merupakan pusat produksi kerajinan di Jogja.
  13. Kemasan Unik: Pilihlah souvenir sederhana seperti gantungan kunci atau cangkir, namun berikan sentuhan unik dengan kemasan yang menarik. Anda bisa mencari inspirasi di toko-toko suvenir di sekitar area wisata.
  14. Tanaman Hias: Pilihlah tanaman hias kecil sebagai souvenir. Ini adalah pilihan yang ramah lingkungan dan memiliki daya tarik tersendiri. Anda bisa mencari toko-toko tanaman di Jogja.
  15. Produk Kuliner: Pilihlah makanan atau minuman khas Jogja seperti wedang uwuh, kopi, atau dodol sebagai souvenir. Pastikan produk ini memiliki masa kedaluwarsa yang cukup lama.
  16. Kertas Daur Ulang: Anda bisa memesan produk-produk seperti buku catatan, kalender, atau kartu ucapan dari kertas daur ulang dengan desain personal yang sesuai dengan tema pernikahan Anda.
  17. Pola Batik Kustom: Desain pola batik khusus untuk pernikahan Anda dan cetak pada kain atau bahan lainnya. Ini akan memberikan sentuhan personal yang istimewa pada souvenir Anda.
  18. Miniatur Candi Borobudur atau Prambanan: Miniatur dari candi terkenal di Jogja bisa menjadi pilihan yang menarik dan mengingatkan tamu Anda tentang destinasi wisata di Jogja.
  19. Paket Teh: Siapkan paket teh dengan berbagai jenis teh khas Indonesia. Ini adalah pilihan yang sederhana namun berkesan.
  20. Cokelat atau Permen: Pesan cokelat atau permen dengan kemasan khusus yang mencantumkan nama Anda dan pasangan. Anda bisa berbicara dengan toko cokelat lokal untuk opsi yang terjangkau.

Pastikan untuk memilih souvenir yang cocok dengan tema pernikahan Anda dan sesuai dengan preferensi Anda dan pasangan. Jangan lupa juga untuk mengemas souvenir dengan indah agar tampak istimewa bagi para tamu undangan.

ayu
Suka travelling Di luar kerja, ayu memilih menghabiskan waktu produktifnya dengan menulis buku. dan membuat conten di media sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *