jogja handicraft kenagan dipindah rumahnya ialah wisatawan benda bagi cendera yg sesuatu seorang terhubung

Souvenir Pernikahan Kekinian Jogja

Posted on

Yo, sobat Jogja! Lagi nyari inspirasi souvenir pernikahan yang anti mainstream? Jangan khawatir, kota kita punya segudang pengrajin kreatif yang siap mewujudkan souvenir impianmu. Dari yang kekinian sampai yang tradisional, semua ada di sini.

Dari pernikahan adat sampai internasional, souvenir pernikahan Jogja selalu bisa disesuaikan dengan konsep acara. Yuk, kita intip tren dan rekomendasi souvenir kekinian yang lagi hits di Jogja!

Tren Souvenir Pernikahan Kekinian di Yogyakarta

Jogja dikenal sebagai salah satu destinasi wisata pernikahan paling romantis di Indonesia. Tren souvenir pernikahan di Jogja pun terus berkembang mengikuti selera pasangan modern. Yuk, kita bahas tren terbaru dan pilihan souvenir yang lagi hits!

Bahan dan Desain Souvenir Kekinian

Bahan-bahan yang digunakan dalam souvenir pernikahan kekinian Jogja cukup beragam, mulai dari kain batik, kulit, kayu, hingga keramik. Desainnya juga unik dan kreatif, menggabungkan unsur tradisional dan modern.

Contoh Souvenir Populer

  • Keramik lukis: Souvenir keramik dengan lukisan motif khas Jogja, seperti bunga, burung, dan wayang.
  • Batik tote bag: Tas jinjing berbahan kain batik yang bisa dipakai untuk membawa barang-barang pribadi.
  • Lilin aroma terapi: Lilin beraroma yang dibuat dengan bahan-bahan alami, seperti lavender, melati, dan kayu manis.
  • Tanaman hias: Tanaman hias seperti sukulen atau anggrek mini yang dikemas dalam pot cantik.

Pembuatan Souvenir Pernikahan yang Unik dan Berkesan

Jogja punya banyak banget pengrajin kece yang bisa bikin souvenir pernikahan unik dan berkesan. Yuk, kita intip tips bikin souvenir yang bikin tamu undangan pada jatuh hati!

Personalisasi Souvenir

Biar souvenir pernikahanmu makin spesial, jangan lupa untuk menambahkan sentuhan personal. Misalnya, kamu bisa ukir nama atau tanggal pernikahan di souvenirnya. Bisa juga kasih tambahan aksesori lucu kayak gantungan kunci atau magnet kulkas.

Contoh Souvenir Spesial

*

-*Lilin Aromaterapi

Wanginya yang menenangkan bisa bikin tamu undangan rileks setelah acara yang heboh.

    • -*Sabun Mandi

      Pilih sabun dengan aroma yang khas dan packaging yang cantik. Pasti bikin tamu undangan langsung pengen mandi!

-*Pot Tanaman

Tanaman mini yang lucu bisa jadi pengingat hari bahagiamu. Jangan lupa kasih kartu ucapan yang berisi pesan manis.

Rekomendasi Pengrajin Souvenir Pernikahan di Yogyakarta

Buat souvenir pernikahan yang kece abis di Jogja? Bisa banget! Nih, ada beberapa rekomendasi pengrajin yang siap bikin souvenir sesuai keinginanmu.

Daftar Pengrajin Souvenir Pernikahan di Yogyakarta

Nama Pengrajin Spesialisasi Harga Portofolio Ulasan Pelanggan
Dewa Kipas Kipas berbahan kayu dengan ukiran unik Rp 15.000

Rp 25.000

www.dewakipas.com “Kipasnya kece banget, ukirannya detail dan halus.”
Batik Merak Batik tulis dengan motif khas Yogyakarta Rp 50.000

Rp 150.000

www.batikmerak.co.id “Batiknya bagus, kualitas bahannya bagus, dan motifnya unik.”
Gerabah Pleret Gerabah tradisional dengan desain modern Rp 10.000

Rp 50.000

www.gerabahpleret.com “Gerabahnya unik, desainnya kekinian, dan harganya terjangkau.”

Tips Memilih Souvenir Pernikahan yang Sesuai

Pilih souvenir yang sesuai untuk pernikahanmu itu wajib banget, gaes! Selain jadi kenang-kenangan, souvenir juga bisa nambahin kesan pernikahanmu.

Nah, biar gak bingung, ini dia tipsnya:

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

  • Jumlah tamu: Sesuaikan jumlah souvenir dengan jumlah tamu undangan.
  • Anggaran: Tentukan anggaran untuk souvenir sesuai dengan kemampuan finansial.
  • Tema dan konsep pernikahan: Pilih souvenir yang sesuai dengan tema dan konsep pernikahanmu.
  • Kegunaan: Pilih souvenir yang bermanfaat dan bisa dipakai oleh tamu undangan.
  • Nilai sentimental: Pilih souvenir yang punya nilai sentimental atau berhubungan dengan kisah cintamu.

Menyesuaikan Souvenir dengan Tema Pernikahan

Supaya souvenir makin berkesan, sesuaikan dengan tema pernikahanmu. Misalnya:

  • Pernikahan adat Jawa: Souvenir wayang kulit, batik, atau keris.
  • Pernikahan modern: Souvenir tanaman hias, diffuser, atau peralatan rumah tangga.
  • Pernikahan bohemian: Souvenir dream catcher, lilin aroma terapi, atau gelang manik-manik.

Pengemasan dan Pengiriman Souvenir Pernikahan

pernikahan jogja bunga yogyakarta berbentuk kartu clay

Setelah memilih souvenir yang kece, saatnya bungkus dan kirim ke tamu-tamu undangan. Ada beberapa pilihan kemasan yang bisa kamu pilih, mulai dari yang simpel sampai yang mewah. Pastikan kemasannya aman dan bisa melindungi souvenir dari kerusakan selama pengiriman.

Opsi Pengemasan

  • Kotak kertas: Pilihan yang ramah lingkungan dan terjangkau.
  • Kotak mika: Menampilkan souvenir dengan jelas dan elegan.
  • Tas kain: Bisa dipakai ulang dan ramah lingkungan.
  • Tas kertas: Praktis dan bisa dihias sesuai tema pernikahan.
  • Kemasan khusus: Sesuaikan kemasan dengan konsep pernikahanmu, seperti kotak kayu berukir atau tas beludru.

Pengiriman Souvenir

Untuk memastikan souvenir sampai dengan selamat ke tangan tamu, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • Gunakan jasa pengiriman yang terpercaya dan berpengalaman.
  • Kemas souvenir dengan aman menggunakan bahan pelindung.
  • Berikan label yang jelas dan lengkap pada setiap paket.
  • Kirim souvenir jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan.

Peraturan dan Biaya Pengiriman

Setiap jasa pengiriman memiliki peraturan dan biaya yang berbeda-beda. Pastikan kamu memahami ketentuan tersebut sebelum mengirim souvenir:

  • Berat dan ukuran paket: Pengaruh pada biaya pengiriman.
  • Tujuan pengiriman: Biaya pengiriman berbeda-beda tergantung jarak.
  • Asuransi pengiriman: Opsional, melindungi souvenir dari kerusakan atau kehilangan.

So, udah siap tampil beda dengan souvenir pernikahan kekinian Jogja? Dijamin, para tamu bakal terkesan dan selalu inget momen spesialmu. Jangan lupa sesuaikan dengan konsep acara dan karakteristikmu. Selamat berkreasi, sobat Jogja!

Pertanyaan Umum (FAQ)

Q: Apa saja tren souvenir pernikahan kekinian di Jogja?

A: Tanaman sukulen, lilin aromaterapi, tas anyaman rotan, tote bag bermotif etnik, dan produk perawatan kulit organik.

Q: Bagaimana cara bikin souvenir pernikahan yang unik?

A: Personalisasikan dengan nama atau tanggal pernikahan, gunakan bahan dan desain yang nggak pasaran, dan tambahkan sentuhan seni atau budaya Jogja.

Q: Siapa aja pengrajin souvenir pernikahan rekomendasi di Jogja?

A: Coba cek Galeri Kriya, Watoe Galeri, dan Batik Plentong. Mereka punya portofolio lengkap dan harga bersahabat.

Q: Apa aja faktor yang perlu dipertimbangkan saat pilih souvenir pernikahan?

A: Tema pernikahan, konsep acara, anggaran, dan selera tamu.

Q: Bagaimana cara pengemasan dan pengiriman souvenir pernikahan?

A: Gunakan kemasan yang aman dan estetik, sesuaikan dengan ukuran dan jenis souvenir, dan pilih jasa pengiriman yang terpercaya.

ayu
Suka travelling Di luar kerja, ayu memilih menghabiskan waktu produktifnya dengan menulis buku. dan membuat conten di media sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *