Syarat menikah di KUA terbaru

Syarat Kawin di KUA: Siap Nikah, Yuk Penuhi Dulu!

Posted on

Yo, gaes! Mau nikah? Sebelum sah jadi pasangan halal, ada syarat-syarat yang kudu dipenuhi pas nikah di KUA. Cus, simak baik-baik, biar nikahmu lancar jaya!

Syarat-syaratnya apa aja sih? Dari surat-surat penting sampai pemeriksaan kesehatan, bakal kita bahas tuntas. Tenang aja, nggak ribet kok, yang penting lengkap dan sesuai aturan.

Persyaratan Administrasi

nikah syarat kua berkas kelurahan numpang menikah

Kalau lu pada pengen nikahan di KUA, kudu siapin dokumen-dokumen yang lengkap dulu ya. Biar nggak ribet, simak nih dokumen apa aja yang wajib lu bawa:

Dokumen Administratif

  • Akta Kelahiran (asli dan fotokopi)
  • KTP (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Domisili (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Belum Menikah (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Orang Tua (asli dan fotokopi)
  • Surat Pernyataan Belum Menikah (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Tidak Adanya Halangan Pernikahan (asli dan fotokopi)
  • Paspor (asli dan fotokopi)

Persyaratan Umur dan Status Pernikahan

nikah syarat kua surat

Yo, nggeh! Kalau pengin kawin di KUA, kudu ngerti dulu aturan umurnya ya, kan. Soalnya ada batasan umur yang udah ditentukan.

Umur Minimum

Buat yang mau kawin di KUA, umur minimalnya 19 tahun. Tapi kalau ada alasan mendesak, bisa minta dispensasi ke pengadilan agama. Misalnya kalau udah hamil duluan atau ada kepentingan yang mendesak lainnya.

Pernah Menikah Sebelumnya

Kalau udah pernah kawin terus mau kawin lagi, kudu ngurus surat cerai dulu ya. Soalnya kalau belum cerai, nggak bisa kawin lagi di KUA.

Persyaratan Kesehatan

nikah pernikahan akad kua raisa hamish nuansa hijau prosesi putih perjanjian payung teduh daud prancis dekorasi sejuk dibalut terasa romantis

Yo, lur! Sebelum gas nikah di KUA, kudu cek kesehatan dulu. Biar pas nikahnya sehat bugar, nggak ada yang ngganggu.

Prosedur Pemeriksaan

Pemeriksaannya standar, kayak cek tensi, tinggi badan, berat badan, dan darah. Nggak ribet, kok. Tinggal datang ke Puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk.

Biaya Pemeriksaan

Biayanya nggak mahal, lur. Biasanya di bawah Rp 100.000. Tapi, cek dulu ya di tempat yang kamu pilih, biar nggak kaget pas bayar.

Dokumen yang Dihasilkan

Hasil pemeriksaannya nanti dibuatin Surat Keterangan Kesehatan. Ini yang jadi bukti kalau kamu sehat dan layak nikah.

Biaya Pernikahan di KUA

Syarat menikah di KUA terbaru

Menikah di KUA nggak cuma soal sah secara agama dan negara, tapi juga ada biaya-biaya yang kudu disiapin. Nah, ini dia rinciannya:

Biaya Pendaftaran

  • Biaya pendaftaran nikah: Rp 60.000
  • Biaya pemeriksaan kesehatan: Rp 40.000
  • Biaya pencatatan nikah: Rp 50.000

Keringanan Biaya

Buat yang nggak mampu, tenang aja, ada keringanan biaya nikah di KUA. Syaratnya kudu ngajuin surat keterangan nggak mampu dari kelurahan atau desa tempat tinggal.

Simpulan Akhir

Syarat menikah di KUA terbaru

Nah, itulah syarat-syarat yang kudu disiapkan buat nikah di KUA. Jangan lupa dicek lagi, pastikan semuanya udah beres. Ingat, nikah itu sakral, jadi penuhi dulu syarat-syaratnya biar sah dan berkah!

ayu
Suka travelling Di luar kerja, ayu memilih menghabiskan waktu produktifnya dengan menulis buku. dan membuat conten di media sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *