Tujuan Pernikahan yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Berkeluarga

Tujuan Pernikahan – Membangun rumah tangga bukan cuma hanyalah bermain peran saja, tetapi menikah memiliki arti yang lebih dari pada itu. Pernikahan bukan cuma soal mempersatukan dua hati, tujuan utama menikah itu sendiri perlu lebih diresapi.

Daripada terus-terusan galau memikirkan jodoh yang belum termasuk datang, lebih baik perbanyak ilmu dulu, yuk! Terutama, ketahui pernah sebenarnya tujuan utama berasal dari menikah menurut Islam itu apa sih?

Tujuan Pernikahan Dalam Islam

Agama Islam udah menambahkan pedoman yang lengkap dan tentang perihal kasus pernikahan ini. Mulai dari wejangan menikah, bagaimana menentukan pasangan yang benar, cara lakukan khitbah (peminangan), sampai bagaimana edukatif anak, semua diatur oleh Islam dengan detil dan menyeluruh.

Lalu apa sebenarnya obyek pernikahan didalam islam, apakah hanya sekedar mempersatukan dua insan ? pasti saja tidak, Pernikahan yang dianjuran islam miliki obyek yang amat mulia dan seluruh obyek berikut demi kebaikan manusia.

1. Melaksanakan Sunnah Rasul

Tujauan Pernikahan

Sebagai seorang Muslim, kami miliki panutan dalam merintis kehidupan ini yakni Rosulullah SAW. Dengan ikuti apa saja yang dicontohkan Rasulullah, itu berarti kami ikuti sunnah-nya, dan menikah merupakan tidak benar satu sunnah dari rosulullah.

Dapat diambil kesimpulan bahwa tidak benar satu obyek pernikahan adalah, menjalankan apa yang dilaksanakan Rasulullah.

Ini cocok dengan sabda Rasullullah SAW yakni :

Jangan sampai kalian meninggal dalam keadaan tidak menikah.

2. Menjaga Diri Dari Perbuatan Maksiat

Tujauan Pernikahan

Nafsu syahwat merupakan fitrah yang dimiliki manusia. Untuk memelihara diri dari kelakuan maksiat, maka tiap tiap muslim yang telah sanggup disarankan untuk menikah. Tetapi terkecuali belum mampu, maka berpuasalah untuk mengendalikan diri kita.

Apalagi di era sekarang ini ketika pergaulan dan seks bebas marak terjadi dimana-mana. Sehingga kami wajib mengusahakan untuk menghindar diri kami dari kelakuan maksiat yakni dengan menikah.

Sebagaimana sabda Rasulullah :

Wahai para pemuda, barang siapa dari anda telah sanggup memikul tanggul jawab keluarga, hendaknya langsung menikah, karena dengan pernikahan engkau lebih sanggup untuk menundukkan pandangan dan memelihara kemaluanmu.

Dan barang siapa yang belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa, karena puasa itu sanggup mengendalikan semangat seksualnya. (Muttafaqun alaih)

Tautan: Souvenir Pernikahan

3. Menguatkan Ibadah

Tujauan Pernikahan

Menikah adalah bagian dari ibadah, Menikah apalagi disebut sebagai separuh agama. Dengan menikah separuh agama seseorang telah prima sehingga ibadah seorang muslim sanggup makin kuat.

Nabi Saw bersabda, “Apabila seorang hamba menikah maka telah sempurna separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

4. Memperoleh Ketenangan

Tujauan Pernikahan

Islam merekomendasikan umatnya untuk menikah karena dengan menikah bakal banyak menfaat yang bakal kami dapatkan. Perasaan tenang dan tentram atau sakinah, bakal hadir sehabis kami menikah.

Allah SWT mengimbuhkan ketenangan selanjutnya kepada pasangan laki laki dan perempuan yang melaksanakan pernikahan cocok yang disyariatkan oleh Islam dan yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Hanya sekadar penyaluran keinginan biologis dan syahwat tanpa menikah, tidak bakal sanggup mengimbuhkan ketenangan jiwa manusia.

Sebagaimana firman Allah SWT :

Dan di pada ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, sehingga anda jadi nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir [Ar-Rum 21].

5. Memperoleh Keturunan

Tujauan Pernikahan
Happy family with several members in education process

Salah satu obyek dasar dari sebuah pernikahan adalah beroleh keturunan. Dengan miliki keturunan, merupakan jalur untuk kelanjutan generasi manusia di bumi ini. Bahkan Rasulullah pun menuntunkan kepada kami sehingga menikahi perempuan yang miliki kasih sayang dan sanggup melahirkan banyak keturunan.

Rasulullah SAW bersabda:

“Nikahilah wanita-wanita yang berwujud penyayang dan subur (banyak anak), karena aku akan berbangga-bangga dengan (jumlah) kalian dihadapan umat-umat lainnya kelak pada hari qiyamat.” (Riwayat Ahmad, Ibnu Hibban, At Thabrany dan dishahihkan oleh Al Albany)

6. Investasi di Akhirat Nanti

Tujauan Pernikahan

Anak yang kami peroleh dari pernikahan merupakan sebuah investasi akhirat kita. Tentunya dengan miliki anak yang shalih dan shalihah, bakal mengimbuhkan sebuah peluang kepada kami sebagai orang tuanya untuk beroleh surga di akhirat nanti.

Tautan: Jual Souvenir Pernikahan

7. Menyalurkan fitrah Manusia

Tujauan Pernikahan

Diantara tidak benar satu dari fitrah manusia adalah berpasangan, laki laki dan perempuan diciptakan untuk jadi pasangan sehingga saling melengkapi, saling mengisi, dan saling berbagi.

Sebaliknya, kesendirian merupakan perihal yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam hidup. Tentunya, seluruh manusia inginkan beroleh kasih sayang dan menyalurkannya kepada orang yang dicintainya.

Perlu di ingat, menikah itu bukan perlombaan. Tak usah dipusingkan jika sebenarnya jodohmu saat ini belum menghampiri. Lebih baik tetap memperbaiki diri sambil menambah ilmu agar lebih siap hadapi bahtera rumah tangga nanti.

Dan yang terpenting lagi tujuan pernikahan didalam Islam bukan hanya sekadar memperoleh anak, namun mengusahakan mencari dan membentuk generasi yang berkualitas, yakni melahirkan anak yang shalih dan bertaqwa kepada Allah. Keturunan shalih tentunya tidak dapat diperoleh melainkan dengan pendidikan Islam yang benar dari keluarga.

Tautan Berkaitan:

Mengenai tujuan pernikahan didalam Islam, pembentukan keluarga merupakan tidak benar satu jalur untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang lebih besar meliputi berbagai aspek kemasyarakatan berdasarkan Islam yang dapat mempunyai pengaruh besar dan mendasar pada kaum muslimin dan eksistensi umat Islam.

×
Selamat Datang Di SouvenirNikah.com ada yang bisa di bantu kak 😍, ada banyak promo khusus pemesanan minggu ini lho 🎉🎉